Misteri Ukuran Tubuh Manusia Mulai dari Nabi Adam Hingga Sekarang, Mengapa Menyusut?


Diriwayatkan bahwa ukuran tubuh manusia pertama di bumi adalah 30 meter. Ia adalah bapak dari seluruh manusia yaitu Nabi Adam AS. Pembahasan ini dilatarbelakangi dari usulan salah satu sahabat inidia yang meminta membahas ukuran para nabi yang masih menjadi misteri.

TONTON VIDEONYA


           
MENGAPA MENYUSUT?

Sahabat inidia yang budiman, dalam hadis riwayat Bukhari Rosulullah bersabda bahwa Allah telah menjadikan Adam dengan ketinggian 60 hasta. Dalam ukuran kita 60 hasta sama dengan 30 meter karena setiap satu hasta sama dengan setengah meter. Sahabat, pertanyaan terbesar adalah mengapa ukuran tubuh manusia menyusut? Sebuah sumber menyatakan bahwa tinggi manusia di dunia saat ini jika dirata-rata hanya 1,5 meter.
            
Sahabat, ada dua jawaban yang menjelaskan fenomena menyusutnya tubuh manusia ini; yang pertama berdasarkan penjelasan ilmiah dan  yang kedua berdasarkan sifat Kebijaksanaan Tuhan. Mari kita bahas satu per satu.
            
Yang pertama berdasarkan penjelasan ilmiah. Sebuah penelitian dari Hebrew University yang dilakukan oleh Dr. Shlomi Lesser dalam jurnal yang berjudul Ha-Mada Ha-Yisraeli B’Angleet V’lvreet menyatakan bahwa jika tinggi manusia rata-rata seperti saat ini maka tinggi manusia dahulu seharusnya 90 kaki. Ukuran 1 kaki sama dengan 30,48 cm jika dikalikan 90 kaki sama dengan 27,43 meter dan jika dibulatkan sama dengan 30 meter. Fakta ilmiah ini sekaligus menambah bukti kebenaran hadis nabi yang sudah kita sebutkan tadi yang menerangkan bahwa tinggi Nabi Adam adalah 30 meter.
            
Disebutkan lagi bahwa manusia mengalami penyusutan ukuran badan yang dinamakan genetic bottleneck. Penyusutan ini diakibatkan oleh faktor gizi dan faktor gen. Jika saja tidak ada terobosan di bidang gizi pada abad ke 17 dan 18, niscaya manusia yang ada sekarang ini lebih pendek lagi dari tinggi rata-rata sekarang ini.
            
Selanjutnya adalah penjelasan dari sifat Kebijaksanaan Tuhan. Semua penjelasan ilmiah tadi seiringan dengan sifat Kebijaksanaan Tuhan. Mengapa Tuhan membuat tubuh manusia semakin menyusut? Sahabat, saat ini jumlah populasi manusia di dunia sekitar tujuh milyar. Apabila manusia sebanyak itu berukuran raksasa seperti Nabi Adam dahulu maka krisis pangan akan terjadi di mana-mana. Logikanya adalah semakin besar tubuh manusia maka semakin banyak asupan makanan yang dibutuhkan. Maka dari itu Allah menjadikan manusia semakin kecil.
            
Hal ini merupakan bentuk kasih sayang Allah swt kepada seluruh umat manusia. Supaya bumi tidak penuh sesak dengan manusia yang berukuran raksasa maka Allah memperkecil ukuran kita. Dahulu pada jaman Nabi Adam dan umat terdahulu manusia besar-besar karena bumi masih longgar, populasi manusia masih sedikit. Tapi yang jelas, walau bagaimanapun ukuran tubuh manusia bukanlah sesuatu yang penting. Kecil atau pun besar tetaplah manusia. Manusia jaman dahulu yang besar, kedudukannya sama di sisi Allah dengan manusia sekarang yang lebih kecil. Yang membedakan kemuliaan manusia hanyalah ketakwaannya.
           
PENGHITUNGAN MATEMATIS
            
Sahabat inidia, jika dihitung secara matematis berapa ukuran penyusutan tinggi badan per tahun mulai dari Nabi Adam? Untuk mengetahuinya kita membutuhkan patokan tinggi badan dan waktu.

Patokan awal adalah tinggi badan Nabi Adam yaitu 30 meter dan tinggi manusia sekarang rata-rata 1,5 meter. Sebenarnya setiap negara di dunia berbeda-beda rata-rata tinggi badannya ada yang 1,7 dan 1,6 tapi kita ambil rata-rata terkecil yaitu 1,5 meter. Penghitungan ini juga akan mengungkap tinggi badan nabi-nabi yang lain.

Patokan yang kedua adalah waktu. Dikatakan bahwa Nabi Adam turun ke bumi pada 7.555 tahun yang lalu. Angka ini sudah ditambah dengan usia tahun hijriah yaitu 1400 tahun. Hal ini karena dikatakan bahwa para sejarawan berpendapat  rentang waktu antara Nabi Adam dan Nabi Muhammad adalah 6.155 tahun. Jika mengacu pada angka ini maka akan kita dapatkan data sebagai berikut:

Tinggi Nabi Adam 30 m = (30.000 mm (tinggi Nabi Adam) – 1.500 mm (tinggi manusia sekarang)) / 7.555 tahun (rentang waktu zaman Nabi Adam sampai sekarang) = 28.500 mm / 7.555 = 3,77 mm/tahun. Jadi, menurut penghitungan ini tinggi manusia menyusut 3,77 mm/tahun sejak zaman Nabi Adam. Jika demikian maka akan kita dapatkan ukuran tinggi badan nabi-nabi selanjutnya. Misalnya Nabi Nuh as yang selisih 1.240 tahun dengan Nabi Adam. Maka dapat dihitung berapa tinggi badan Nabi Nuh. Yaitu: 30.000 mm – (3,77 mm x 1.240) = 30.000 mm – 4.678,8 = 25.321,2 mm atau dibulatkan menjadi 25 meter. Jadi, tinggi Nabi Nuh adalah 25 meter.

Misalnya lagi, berapa tinggi Nabi Ibrahim? Dikatakan bahwa selisih antara Nabi Ibrahim dan Nabi Nuh adalah 2.200 tahun. Maka, 30.000 mm – (3,77 mm x (2.200 + 1.240) = 30.000 – (3,77 x 3.440) = 30.000 – 12.968,8 = 17.031,2 mm atau dibulatkan menjadi 17 meter. Jadi tinggi Nabi Ibrahim kira-kira 17 meter. Untuk selanjutnya sahabat bisa menghitungnya sendiri. Berikut ini rentang waktu antarnabi setelah Nabi Ibrahim. Antara Ibrahim – Musa: 900 tahun. Antara Musa – Daud 500 tahun. Antara Daud – Isa 1.200 tahun. Dan Antara Isa – Muhammad 620 tahun.

Sahabat inidia, perhitungan penyusutan tinggi badan manusia per tahun ini hanyalah sebagai gambaran dan tentu saja bukan sebuah kebenaran yang pasti. Karena sesungguhnya ukuran tinggi manusia terdahulu beserta para Nabi masih menjadi misteri. Bahkan masalah waktu Nabi Adam turun ke bumi pun masih banyak perdebatan. Ada juga yang mengatakan bahwa Nabi Adam turun ke Bumi sekitar 200.000 tahun yang lalu; tentu angka ini sangat jauh dari perhitungan yang sudah kita bahas tadi.


 KESIMPULAN
            
Sahabat inidia yang budiman, sekali lagi kita ingatkan bahwa perhitungan penyusutan tinggi badan manusia hanyalah sebuah gambaran. Tinggi badan nabi yang sudah kita prediksikan dengan angka bisa jadi tidak benar ukurannya. Namun yang pasti, tinggi manusia itu mengalami penyusutan; dan tinggi Nabi Adam adalah benar sekitar 30 meter karena ini sudah disebutkan di dalam hadis.    Allah memiliki alasan yang terbaik mengapa tubuh manusia menyusut karena rencana-Nya selalu yang paling hebat. Begitu pula berapa ukuran tinggi para nabi hanya Allah yang Maha Mengetahui.
            
Sahabat, jika Anda memiliki saran atau pertanyaan seputar misteri silakan usulkan di komentar atau melalui akun sosial media kami. Silakan klik tombol subscribe atau langganan (gratis) ke saluran YouTube inidia supaya tidak tertinggal video misteri terbaru lainnya. Silakan share atau bagikan ke teman-teman di facebook dan twitter supaya mereka juga mengetahui misteri ini.
             
SUMBER:
http://www.sayangi.com/fitur/tahukah-anda/read/15643/berapa-jarak-waktu-antara-nabi-adam-as-muhammad-saw
https://inilahsains.wordpress.com/2014/04/25/mengapa_semakin_hari_ukuran_tubuh_manusia_semakin_mengecil/
http://www.infoyunik.com/2015/09/benarkah-tinggi-nabi-adam-as-mencapai.html

http://www.e-islami.com/2016/03/jarak-waktu-nabi-adam-ke-muhammad-saw.html

Komentar

Pos populer dari blog ini

Misteri Pokemon Go yang Wajib Anda Ketahui

Tragedi di Segitiga Bermuda Karena Medan Magnet - Misteri Terungkap dan Kasus Ditutup