Ada Monster Laut di Segitiga Bermuda yang Menyebabkan Terjadinya Tragedi Maut ? #9


Apa yang sebenarnya terjadi di segitiga bermuda? Pertanyaan itu masih terngiang-ngiang di benak banyak orang. Segitiga bermuda menyimpan banyak misteri karena di lokasi ini sejumlah tragedi maut telah terjadi. Salah satu teori menyebutkan bahwa monster laut yang telah menyebabkan tragedi itu.

TONTON VIDEONYA



           
Sahabat inidia dimanapun Anda berada, di episode yang lalu kita telah membahas salah satu teori yang menjelaskan tragedi di Segitiga Bermuda yaitu teori lorong waktu. Nah, kali ini kita akan membahas dua teori sekaligus yaitu teori monster laut sargasso dan teori pusaran air.

HUBUNGAN LAUT SARGASSO DAN SEGITIGA BERMUDA

Laut Sargasso merupakan laut yang berada di wilayah segitiga bermuda. Tidak seperti laut yang lainnya, laut Sargasso merupakan satu-satunya laut di muka bumi yang tidak dibatasi oleh daratan. Laut ini berada di tengah samudera Atlantik tepatnya di dalam wilayah segitiga bermuda.
         
Jika suatu hari nanti sahabat berkesempatan mengunjungi segitiga bermuda dan menjumpai banyak ganggang yang tumbuh di tengah samudera, itu tandanya Anda telah sampai di laut Sargasso. Dinamakan laut Sargasso karena lautnya penuh sargassum atau sargasso yaitu ganggang dengan bintil udara mirip buah anggur yang menyebabkan tanaman ini mengapung di permukaan laut. Laut ini memiliki panjak sekitar 3200 KM dan lebar 1107 KM.
          
Laut yang ditemukan pertama kali oleh Columbus ini berbentuk lingkaran sesuai dengan tumbunhan ganggang yang tumbuh menyebar membentuk lingkaran besar. Orang-orang yang melintasi daerah itu keheranan karena ada ganggang yang tumbuh di tengah samudera. Biasanya daerah di tengah samudera tidak dihuni oleh makhluk hidup karena miskin makanan. Daerah di tengah samudera ini mirip gurun pasir di daratan. Lalu bagaimana ganggang berbintil itu bisa mendapatkan asupan nutrisi?

TEORI MONSTER LAUT DAN PUSARAN AIR
          
Sahabat inidia yang budiman, pada abad ke 16 Masehi seorang pelaut yang bernama Olaus Magnus pernah membuat peta lautan yang dinamai peta Carta Marina. Peta ini menceritakan ada seekor naga merah yang sedang menyerang kapal. Nah, dari peta itu dikatakan bahwa naga tersebut bertempat tinggal di kawasan laut Sargasso Segitiga Bermuda.
          
Sahabat inidia, di laut Sargasso juga dihuni oleh makhluk-maklhuk unik yang hanya bisa ditemukan di lautan ini. Selain ganggang terapung ada juga ikan Histrio yang bertubuh mirip dengan ganggang. Selain itu penyu laut juga hidup di lautan ini. Bahkan, paus biru selalu mampir di Laut Sargasso saat migrasi dari kutub utara ke kutub selatan.
          
Selain menyimpan mitos sebagai tempat tinggal monster laut, di wilayah Sargasso Segitiga bermuda ini disebut-sebut sebagai titik bertemunya beberapa arus sehingga terjadi sebuah pusaran air atau badai laut yang sangat besar. Pernyataan ini terbukti dengan penelitian yang dilakukan oleh para ilmuwan modern. Daerah laut Sargasso yang berbentuk lingkaran itu dikarenakan dikelilingi oleh beberapa arus laut yang berputar searah jarum jam. Arus yang mengelilingi lautan ganggang ini adalah arus Laut Gulf Stream, Arus Laut Atlantik Utara, Arus Laut Canary, dan Arus Laut Atlantik Selatan.
          
Para peneliti juga menemukan fakta bahwa pada waktu-waktu tertentu terjadi sebuah badai di dasar laut Sargasso. Badai itu dinamakan badai Eddy. Badai Eddy berwujud pusaran air dingin yang naik ke permukaan laut. Rupanya badai ini yang telah mengangkat nutrisi dari dasar laut ke permukaan. Dengan nutrisi yang cukup, ganggang dan plankton pun dapat hidup di laut Sargasso. Nah, plankton-plankton inilah yang menghasilkan banyak oksigen di atas laut Sargasso.
          
Sahabat inidia, namun sangat disayangkan sebab kini laut Sargasso terancam karena banyak sampah plastik yang terbawa arus Gulf Stream dan terkumpul di sana. Sampah-sampah ini tentunya berdampak negatif pada ekosistem yang ada di sana. Parahnya lagi, ilmuwan menemukan bahwa sampah itu telah menimbulkan bakteri baru yang bisa merusak laut Sargasso.
          
Lalu apakah memang benar keberadaan monster naga laut itu yang telah menelan sejumlah kapal di segitiga bermuda? apakah juga pertemuan arus di laut Sargasso ini yang menyebabkan sejumlah kecelakaan? Tidak ada yang tahu secara pasti. Namun hal itu juga tidak menutup kemungkinan.


KESIMPULAN
            
Sahabat inidia yang budiman, penjelasan tentang Laut Sargasso ini semoga dapat membuka wawasan kita. Apabila laut Sargasso ini memang ada kaitannya dengan sejumlah tragedi di Segitiga Bermuda kita tidak tahu secara pasti. Yang pasti ini adalah teori yag mencoba mengungkap misteri Segitiga Bermuda.
            
SUMBER

http://kidnesia.com/Boleh-Tahu/Sains-Teknologi/Misteri-Laut-Sargasso-Di-Segitiga-Bermuda
https://en.m.wikipedia.org/wiki/Sargasso_Sea
http://victoriachrissandra.blogspot.in/2013/02/monster-laut-sargasso.html
http://www.beritatrendz.com/2015/04/terungkap-jawaban-misteri-segitiga-bermuda.html
http://www.satujam.com/misteri-segitiga-bermuda/

Komentar

Pos populer dari blog ini

Misteri Ukuran Tubuh Manusia Mulai dari Nabi Adam Hingga Sekarang, Mengapa Menyusut?

Misteri Segitiga Bermuda: Terungkap Menurut Al-Quran Dan Al-Hadis (Segitiga Bermuda #1)

Misteri Pokemon Go yang Wajib Anda Ketahui